Lindungi Rumah Sebelum Cuaca Buruk Menerpa !

Kawan, musim hujan sudah datang, sekarang saatnya untuk melindungi bangunan dengan melakukan perawatan secara berkala beberapa bagian rumah.

Perawatan Rumah

Perawatan rumah ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bagian rumah apakah ada yang perlu diperbaiki atau perlu diganti. Biaya perawatan rumah jauh lebih murah dan sangat membantu dibandingkan dengan biaya perbaikan rumah yang seringkali muncul tidak terduga terutama ketika bangunan rumah mengalami kondisi yang tidak terduga seperti bocor atau rembes ketika hujan.

Lalu seperti apakan bentuk perawatan rumah secara berkala ? Ada beberapa hal yang perlu diperiksa, diantaranya :

Pemeriksaan Bagian Luar Rumah

Bagian Dinding Luar Rumah

Untuk bagian luar rumah, Anda dapat memberikan perlindungan tangguh pada dinding rumah dengan menutup bagian dinding yang retak. Jika Anda menemukan bagian sambungan dinding yang retak, celah antara kusen dan dinding yang memungkinkan air hujan masuk maka segera tutup celah tersebut dengan produk penutup retak.

Untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap dinding rumah, penggunaan Pelapis Anti Bocor sangatlah direkomendasikan. Pilih sesuai dengan kebutuhann bangunan.

Bagian Drainase / Saluran Pembuangan

Bagian ini merupakan bagian yang sangat rawan tersumbat akibat sampah dedaunan atau sampah plastik yang menyebabkan jalannya air tidak lancar. Oleh karena itu pemeriksaan secara rutin sangatlah diperlukan untuk menghindari timbulnya genangan air di dalam rumah akibat tersumbatnya saluran drainase.

Pemeriksaan Bagian Atap

Bagian Penutup Atap

Bagian ini seringkali luput dari perhatian dan menjadi perhatian bila sudah terdapat bocor. Bagian wuwungan dan bagian genteng seringkali timbul retak halus dan cukup mudah bagi air masuk melalui retakan tersebut. Segera ganti bagian genteng yang retak dan tutup retakan pada wuwungan dan produk penutup retak.

Untuk atap dak beton, wajib diperhatikan apakah terdapat genangan air di permukaan dak. Bila iya, harus segera ditutup dan dilapisi dengan pelapis anti bocor khusus dak beton.

Bagian Talang Air dan Saluran Pembuangan.

Dedaunan kering dan debu sering menutup bagian talang atap sehingga menghalangi jalannya air yang turun dari atap ke saluran pembuangan. Oleh karena itu bagian talang harus mendapat perawatan secara berkala. Bila talang terbuat dari beton pastikan kemiringan air dan lapisan anti bocor masih berfungsi dengan baik.

Siapa Yang Dapat Melakukan Perawatan Rumah ?

Dengan melakukan perawatan rumah secara berkala, kondisi bangunan rumah akan tetap terjaga dan tetap tangguh menghadapi cuaca ekstrim yang seringkali datang tanpa diduga. Bila kondisi bangunan menyulitkan Anda melakukan perawatan rumah, maka Anda dapat meminta bantuan jasa profesional untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!