Ketahui Lebih Jelas Kualitas Material Ini Sebelum Membangun Rumah !

Dapat membangun dan memiliki rumah sendiri pastinya merupakan impian banyak orang. Di tengah keterbatasan lahan seperti sekarang ini, punya sebidang tanah saja patut kita syukuri. Terlebih lagi kita dapat membangun sendiri rumah impian tersebut.

Oleh karena itu pemakaian material yang berkualitas sangat diperlukan agar rumah dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan mampu menahan paparan cuaca yang seringkali berubah secara ekstrim seperti sekarang ini.

Nah, material apa saja yang perlu Anda ketahui kualitasnya sebelum membangun ? Berikut diantaranya :

Bata Merah

Bata merah merupakan material inti dari suatu bangunan. Harganya pun terbilang mahal dibandingkan dengan batako. Di pasaran ada banyak macam jenis dan kualitas bata yang dijual dengan beragam harga. Anda harus teliti sebelum membelinya.

Pasir

Material yang satu ini banyak dipakai dalam pekerjaan suatu konstruksi, mulai dari pondasi hingga pemasangan lantai. Sebelum menurunkan pasir dari truk, telitilah kualitas pasir itu sendiri. Ada yang dari luar tampak bagus, tetapi ternyata bercampur dengan lumpur. Hal ini tentunya akan menyebabkan pemakaian semen menjadi boros.

Semen

Semen berfungsi untuk merekatkan, entah itu merekatkan bata, merekatkan pasir, kerikil dan air pada adukan beton, merekatkan lantai keramik dengan lapisan dasar dan sebagainya. Nah, untuk hasil yang maksimal Anda perlu tahu berapa takaran yang tepat untuk semen dan air atau semen, pasir dan air.

Besi Beton

Besi beton merupakan rangka konstruksi dari suatu bangunan. Bila rangkanya kuat maka bangunan pun akan tetap berdiri kokoh meskipun terjadi getaran. Sebaliknya bila rangka kurang bagus maka bangunan akan rubuh ketika terkena getaran. Dalam pemilihan besi beton pun harus diperhatikan besaran besi tersebut.

Di pasaran dikenal dengan istilah “ukuran banci” yakni ukuran yang tidak sesuai dengan standar yang diterapkan oleh pemerintah. Misalnya : besi dengan ukuran  diameter 10 mm tetapi ada yang menjual dengan diameter 9.1 mm tentunya dengan harga yang murah.

Pipa

Material ini sangatlah penting karena menyalurkan air ke seluruh bagian rumah seperti kamar mandi, wastafel, dapur hingga taman. Posisi pipa ini sendiri ada di tanam di bawah lantai atau di dalam tanah dan ada pula yang di tanam di dalam tembok. Oleh karena itu pilihlah pipa yang mempunyai ketebalan yang cukup, kuat dan dapat menahan tekanan air ketika sedang besar. Jangan sampai Anda menggunakan pipa yang tipis tetapi Anda harus membongkar tembok di kemudian hari untuk menggantinya.

Keramik

Pilihlah keramik sesuai dengan kegunaannya. Jenis  keramik untuk lantai ruang tidur atau keluarga jelas berbeda dengan dengan keramik lantai dapur atau teras rumah. Kualitas keramik ini sendiri di pasaran tersedia dalam kualitas 1, 2, 3 dan 4. Jadi Anda perlu tanya sejelas mungkin sebelum membelinya.

Genteng

Saat ini banyak tersedia beragam jenis genteng mulai dari genteng tanah liat, genteng beton hingga genteng keramik. Harganya pun beragam. Tetapi bila ditilik dari fungsinya yang sangat penting, Anda harus mempertimbangkan kualitas dan jenis genteng dan sesuaikan dengan rangka atapnya agar atap menjadi kuat, tidak mudah lapuk karena perubahan cuaca dan dapat tahan berpuluh-puluh tahun tanpa perlu diganti.

Nah, Material tersebut di atas sangat penting untuk Anda ketahui jenis dan kualitasnya. Jangan terpengaruh dengan harga murah tetapi daya tahannya tidak lama serta kualitasnya rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!